Megawati dan SBY Upacara di Istana Tanda Jokowi Pemersatu

    Home / Berita Politik / Megawati dan SBY Upacara di Istana Tanda Jokowi Pemersatu

Megawati dan SBY Upacara di Istana Tanda Jokowi Pemersatu

0

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Hal ini dinilai menunjukkan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjunjung tinggi persatuan.

“Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hadir, Ibu Megawati Soekarnoputri hadir. Ini merupakan hal yang sangat baik dan menunjukkan bahwa kepemimpinan Pak Jokowi adalah kepemimpinan yang menyatukan,” ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (17/08/2017).

Menurut Hasto, kehadiran para mantan presiden di Istana Negara menjadi contoh teladan bahwa para pemimpin bangsa berupaya menggelorakan semangat persatuan yang dibawa oleh Presiden Pertama RI Sukarno.

Terlebih, ideologi Bung Karno sangat menekankan bahwa Bangsa Indonesia didirikan untuk semua golongan dan Pancasila sebagai landasan mengatasi berbagai perbedaan pham, kehendak pribadi, suku, agama.

“Ini merupakan momentum saat seluruh bangsa Indonesia mensyukuri karunia kemerdekaan yang diperoleh dengan perjuangan, tumpah darah. Sehingga diseluruh pemimpin bangsa sudah selayaknya bersama-sama bergandengan tangan untuk Indonesia Raya,” jelas dia.

Meski begitu, Hasto menyebut keberadaan kedua pemimpin negara itu dalam satu acara tidak bisa sepenuhnya dimaknai dan dikaitkan dengan politik.

“Tentu ini tidak bisa dimaknakan dalam perspektif politik untuk Pemilu 2009. Jadi semua adalah semangat merah putih untuk bergandengan tangan sebagai pemimpin bangsa,” Hasto menandaskan.